Manfaat Membaca Sholawat Nabi

Manfaat Membaca Sholawat Nabi
Majelis Sabilillah



Majelis Sabilillah-Manfaat Membaca Sholawat Nabi:


1. Membentuk Sifat Malaikat dalam Dirinya

Bagi seorang muslim yang membaca sholawat Nabi, dikatakan dapat memiliki kesamaan aktivitas dengan para malaikat yang bersholawat dengan Nabi Muhammad SAW. Bisa dibilang, mereka yang bersholawat, akan mendapatkan secercah cahaya dan bisa membentuk sifat-sifat malaikat di dalam dirinya.

2. Membersihkan Diri dari Dosa

Sebagaimana yang telah disabdakan oleh Nabi SAW, “Bacalah shalawat atasku karena sesungguhnya sholawat atasku dapat membersihkan dosa-dosamu, serta mintalah pada Allah untukku wasilah”. Para sahabat bertanya, ‘Apakah wasilah itu?’ Beliau menjawab, ‘Derajat yang tertinggi di surga yang hanya seorang saja yang akan mendapatkannya serta aku berharap semoga akulah orang yang memperolehnya’.”

3. Sholawat Berpahala 10 Rahmat Allah Serta Menghapus 10 Kesalahan

Ada beragam amalan yang dapat mengapus kesalahan manusia. Salah satunya adalah dengan bersholawat. Manfaat membaca sholawat Nabi ini, akan didapatkan jika kita ikhlas dan rutin melakukannya. Sebagaimana yang disabdakan oleh Nabi SAW,

“Barangsiapa yang membaca shalawat atasku satu shalawat, maka Allah akan menurunkan sepuluh rahmat padanya serta menghapus sepuluh kesalahannya.” (HR. Nasai)

4. Menyadarkan Seseorang Atas Kekhilafan

Manfaat membaca sholawat Nabi yang berikutnya adalah, memberikan kita kesadarn atas kekhilafan dan kesalahan yang pernah kita lakukan. Sehingga kita bisa terhindar dari kesalahan yang sama, karena kita bisa dengan segera menyadari kesalahan dan kekhilafan lalu belajar darinya.

5. Terkabulnya Hajat di Dunia dan Akhirat

Bersholawatlah dengan ikhlas agar hajat kita dapat dikabulkan oleh Allah SWT. Hal ini sebagaimana sabda Nabi SAW,

“Barangsiapa yang membacakan shalawat untukku di suatu hari seratus kali, maka Allah akan memenuhi seratus hajatnya, 70 di antaranya nanti di akhirat serta 30 di dunia.” (Kitab Jam’ul Jawami’, Hal: 796).

6. Mengundang Datangnya Karunia serta Nikmat dari Allah SWT

Doa serta permohonan mempunyai pengaruh penting dalam mengundang datangnya karunia serta nikmat-nikmat Allah SWT. Shalawat merupakan doa. Dengan bershalawat, otomatis kita sudah mengundang datangnya karunia serta nikmat-nikmat dari Allah, Sang Pemberi Nikmat.

7. Memperoleh Kebanggaan

Rasulullah SAW merasa senang dengan shalawat, sebagaimana beliau sudah bersabda,

“Sesungguhnya aku membanggakan adanya kalian pada umat-umat yang lain.”

Sebagai umat yang Rasulullah banggakan, selayaknya lah kita mencintai beliau, selalu menyebut namanya serta bershalawat untuknya.

8. Lebih Dekat kepada Allah

Pernah suatu saat, sebagaimana diwahyukan Allah SWT pada Rasulullah SAW, Allah bertitah pada Nabi Musa as, “Wahai Musa, apakah kamu ingin agar Aku lebih dekat padamu dari pada kedekatan ucapan pada lidahmu, dari pada bisikan hatimu dari hatimu sendiri, dari pada ruhmu ke tubuhmu serta dari pada cahaya matamu pada matamu?”

Musa as. kemudian menjawab, “Ya, wahai Tuhanku.” Lalu Tuhan berfirman, “Maka perbanyaklah membacakan shalawat untuk Muhammad SAW.”

9. Lebih Diutamakan pada Hari Kiamat

Hal semacam ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW yaitu, “Sesungguhnya lebih utama bagiku manusia besok pada hari kiamat, yaitu mereka yang lebih banyak membaca Shalawat kepadaku.” (HR. Turmudzi dari Ibn’ Mas’ud Ra)

10. Menjadikan Doa Cepat Terkabul

Sesungguhnya Umar bin Khattab RA berkata, “Aku mendengar kalau doa itu ditahan di antara langit serta bumi, tidak akan bisa naik, sehingga dibacakan shalawat atas nabi Muhammad SAW.” (Atsar Hasan, Riwayat Tirmidzi)

Post a Comment

0 Comments